Inilah Penampakan Windows 10 setelah Upgrade ke Windows 11

Halo sobat sekalian šŸ˜

Sebelumnya saya pernah membuat tulisan mengenai proses upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 bagi yang belum membacanya, silakan lihat di sini. Proses upgrade ini tidak dikenai biaya sepeserpun 100% gratis, hanya membayar biaya kuota internet sekitar 4-6 GB atau bisa benar-benar gratis jika kita melakukan upgrade di kantor šŸ˜

Kesan pertama ketika desktop Windows 11 terbuka adalah, “hmm mirip OS sebelah

Yang paling mencolok ketika pertama kali dilihat adalah tampilan taskbar yang tombol-tombolnya pindah ke tengah, bahkan tombol Start. “WTF, man” pikir saya, pertama kali merasa aneh sih karena sudah 20 tahun lebih sistem operasi Windows meletakkan tombol taskbar-nya di sebelah kiri.

Taskar Pindah ke Tengah

Tampilan awal ini oke, sih. Ada efek transparan, saya suka efek ini. Dulu yang membuat saya sulit meninggalkan Windows 7 karena dia memiliki fitur transparan, hahaha. Meski begitu, di Windows 11 ini kalau menurut saya efek transparannya tidak begitu terlihat, mungkin ingin memberikan kesan elegan atau apalah. Tapi menurut saya, jika dibandingkan dengan OS sebelah, yang sudah memiliki efek transparan jauh sebelum Windows 11, efek transparannya lebih terasa juga menurut saya lebih enak dilihat. Efek glass-nya juga terasa.

Tombol “Start” Transparan di OS Sebelah

Jika kita merasa asing dengan tampilan taskbar di tengah, kita masih bisa memindahkan posisinya ke sebelah kiri agar tetap familiar. Tapi kalau taskbar-nya dipindah ke kiri, feel Windows 11 nya akan hilang di awal, dong. Jadi kayak Windows 10 yang dikasih skin Windows 11.

Posisi Taskbar disebelah Kiri
Posisi Taskabr berada di Sebelah Kiri

Kemudian hal lain yang menurut saya “baru” adalah, di Windows 11 ini Microsoft mengembalikan tampilan rounded corner yang pada awalnya dikenalkan sejak munculnya Windows XP namun hilang ditelan badai setelah munculnya Windows 8. Nah, di Windows 11 si rounded corner ini dikembalikan lagi.

Rounded Corner Kembali Lagi

Konsep garis tepi yang tidak tajam ini juga diaplikasikan pada tampilan context menu.

Rounded corner pada In-App menu
Rounded Corner pada Menu Aplikasi (In Apps Menu)
Context Menu Windows 11 Mengusung Konsep Rounder Corner
Context Menu Windows 11 Mengusung Konsep Rounder Corner

Nah, lagi-lagi konsep seperti ini sudah diaplikasikan juga di OS sebelah yang sering saya pakai. Jadi tidak aneh lagi sebenarnya šŸ˜

Rounded Corner di OS Sebelah Lengkap dengan Efek Transparannya
Rounded Corner di OS Sebelah Lengkap dengan Efek Transparannya
Menu didalam Aplikasi
Menu didalam Aplikasi OS Sebelah

Lalu di Windows 11 terdapat paket ikon baru, ikon-ikon default pada versi Windows sebelumnya banyak yang diganti. Ini adalah contoh ikon yang ada di aplikasi File Explorer.

Tampilan Ikon Baru Windows 11
Tampilan Ikon Baru Windows 11

Pertama kali melihat tampilan ikon baru ini, saya merasa seperti kembali ke tahun 2000-an dimana aplikasi tweak tampilan Windows mulai menjamur yang mana tampilan default Windows dapat diubah secara besar-besaran dengan bantuan aplikasi pihak ke-3.

Lalu tampilan yang baru pada Windows 11 ada pada task switcher atau kita familiar menyebutnya ALT+TAB karena tampilan ini muncul ketika kita menekan kombinasi ALT+TAB di keyboard. Tampilan task switcher pada Windows 11 adalah seperti pada gambar di bawah. Benar-benar baru, kan?

Task Switcer pada Windows 11
Task Switcer pada Windows 11

Selain tampilan baru pada task switcher, Windows 11 juga memberika fitur baru yaitu kita dapat membagi jendela aplikasi hingga 6 mode dalam berbagai ukuran. Untuk mengakses berbagai mode ini kita cukup mengarahkan pointer ke tombol restore lalu akan muncul menu yang dapat kita gunakan untuk memilih mode pembagian layar.

Pemilihan Mode Pembagian Layar
Pemilihan Mode Pembagian Layar

Kemudian setelah memilih salah satu mode pembagian layar, tampilan layar akan secara otomatis terbagi dan berisi frame yang siap diisi oleh jendela aplikasi yang dapat kita pilih.

Atur Penempatan Jendela Aplikasi
Atur Penempatan Jendela Aplikasi
Pembagian Jendela Aplikasi

Selain itu terdapat beberapa tampilan baru untuk fungsi lama seperti quick setting, pemilihan jaringan WiFi, dan lain sebagainya.

  • Jendela Pemilihan Jaringan WiFi
  • Quick Setting Windows 11
  • Jendela Lockscreen
  • Image Viewer Windows 11
  • Tanggal dan Jam

Dari beberapa pembaruan Windows 11 yang sudah saya rasakan, ada juga yang menurut saya kurang baik yaitu ukuran taskbar yang besar dan tidak dapat diubah. Pengaturan untuk mengubah ukuran taskbar dihilangkan oleh Microsoft, entah apa yang ada dipikirannya. Memang ada trik untuk mengubah ukuran taskbar melalui registry editor, tapi tetap saja ukuran taskbar hasil modifikasi registry editor tidak begitu bagus.

Taskbar Size-nya Manaaaa? šŸ˜–
Taskbar Size-nya Manaaaa? šŸ˜–

Sejauh ini yang saya rasakan Windows 11 lebih šŸœ jika dibandingan pendahulunya si Windows 10. Tapi bukan berarti WIndows 10 jelek ya, ini kalau saya tidak gatal klik tombol upgrade saya gak akan upgrade dulu šŸ˜„.

Lalu bagaimana rasanya jika digunakan untuk pekerjaan sehari-hari? Tentu saja belum bisa saya tuliskan sekarang šŸ˜ nantikan di postingan saya selanjutnya, silakan klik follow untuk mendapatkan notifikasi jika ada postingan baru.

Ciayo~

Tinggalkan komentar