Museum Geologi

Museum Geologi Bandung

Sebelumnya saya pernah mengulas mengenai taman Forest Walk Babakan Siliwangi, salah satu tempat wisata menarik di Kota Bandung, sekarang saya akan sedikit mengulas mengenai Museum Geologi.

Museum Geologi terletak di Jl. Diponegoro No. 57, dimana tempat ini cukup strategis untuk dicapai dari berbagai tempat di kota Bandung. Untuk mencapai ke tempat ini tidaklah sulit, hampir semua warga kota Bandung mengetahui tempat ini sehingga dengan bertanya kepada warga Anda akan diberi tahu bagaimana cara ke tempat ini. Museum ini terletak tidak jauh dari lapangan Gasibu dan Gedung Sate. Juga dilewati angkot berbagai jurusan seperti: Cicaheum-Ledeng, Cicaheum-Ciwastra, dan Dago-Riung Bandung. Meskpiun Anda pertama kali mendatangi kota Bandung, untuk datang ke museum ini tidak akan kesulitan. Jika Anda kebingungan dalam menggunakan angkot, Anda pun bisa menggunakan moda transportasi online kesayangan Anda.

Pemandangan dari Lantai Dua Museum Geologi

Pemandangan dari Lantai Dua Museum Geologi

Dibagian luar museum geologi disediakan bangku-bangku dan meja yang terbuat dari batu yang bisa kita gunakan untuk istirahat duduk sekedar melepas lelah. Bangku-bangku ini diletakan dibawah pohon yang rimbun, meskipun panas matahari terlihat menyengat kita akan tetap merasa sejuk di bawahnya.

Bangku Tempat Duduk Museum Geologi

Bangku Tempat Duduk Museum Geologi

Untuk masuk ke dalam Museum Geologi, kita diharuskan untuk memiliki tiket terlebih dahulu. TIket ini dapat dibeli di loket penjualan tiket yang bisa kita temui sesaat setelah masuk dari pintu gerbang. Harga tiket untuk masuk adalah Rp. 3000 untuk umum dan Rp. 1500 untuk pelajar. Cukup murah bukan? 😀

Tiket Masuk Museum Geologi

Tiket Masuk Museum Geologi

Selama kita masih memiliki tiket ini, kita diperbolehkan untuk keluar-masuk area museum secara bebas selama museum belum tutup. Jadi kita tidak perlu khawatir apabila kita belum melihat seluruh peraga namun akan keluar untuk suatu keperluan. Ketika akan masuk, cukup tunjukan saja tiket yang telah kita beli kepada petugas jaga.

Benda-benda yang dipamerkan di museum Geologi ini meliputi benda-benda purbakala dan yang berkaitan dengan ke-geologi-an di Indonesia khususnya dan seluruh dunia pada umumnya. Jika dilihat-lihat koleksi benda purbakala di museum ini cukup lengkap, penjelasan setiap koleksinya pun cukup detail. Pada beberapa peraga terdapat bar code yang apabila kita pindai akan membawa kita ke website yang memberikan penjelasan lebih detail mengenai peraga tersebut.

Berikut beberapa peraga yang dipamerkan di Museum Geologi. Sebenarnya ada lebih dari ini, tapi saya hanya sempat mengabadikan beberapa saja.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Namun sangat disayangkan, ketika saya berkunjung beberapa peraga terlihat seperti yang tidak berfungsi dengan baik. Diharapkan hal seperti ini diperbaiki lagi untuk kedepannya, demi kepuasan pengunjung juga.

Peraga yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Peraga yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Fasilitas pendukung di museum ini pun cukup baik, terdapat toilet, serta ruang baca.

Ruang Baca Museum Geologi

Ruang Baca Museum Geologi

Koleksi Buku Ruang Baca Museum Geologi

Koleksi Buku Ruang Baca Museum Geologi

Toilet

Toilet

Overall, Museum Geologi ini cukup baik dan menarik untuk dijadikan kunjungan tempat wisata. Kita bisa belajar berbagai hal namun tetap bisa fun dengan segala fasilitas yang diberikan di Museum ini. Saya merekomendasikan kepada Anda-Anda sekalian untuk mencoba mengunjunginya. Dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, kita bisa mendapatkan pengalaman yang begitu mahal. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s