12106803_10206886681917001_5587651598848659855_n

Membuat Random String pada Microsoft Excel

Microsoft Excel, seperti yang telah sebagian-besar-dari-kita ketahui bersama, sebuah produk dalam paket Microsoft Office yang memiliki fungsi utama untuk pemrosesan spreadsheet. Sebagian besar dari kita juga sering beranggapan bahwa Microsoft Excel (selanjutnya ditulis MS Excel atau Excel saja, karena Microsoft Office terlalu panjangšŸ˜€ ) ini hanya bisa digunakan untuk mengolah angka saja atau hanya untuk operasi matematis saja padahal kita juga bisa melakukan berbagai operasi lain yang tidak berhubungan dengan angka, ya salah satunya adalah operasi dengan karakter string.

Salah satu fitur dalam Excel adalah membuat kumpulan angka secara random, fitur ini menurut penulis sangat berguna untuk membuat dummy data yang berupa angka ataupun operasi aritmatika lain yang membutuhkan angka random atau mungkin berguna untuk dosen/guru dalam memberikan nilai kepada siswa/mahasiswanya… hehehehehe :pĀ Baik cukup basa menuju basinya, sekarang kita akan mencoba membuat sekumpulan karakter string random menggunakan Excel…

(-)Bisa gitu bikin random karakter string? bukanya cuma angka doang?
(+)ya bisa lah…

Oke sip, jika biasanya kita menggunakan rumusĀ =RANDBETWEEN(batas_atas;batas_bawah); atau rumusĀ =RAND() untuk membuat angka random, kali ini untuk membuat karakter string kita juga menggunakan rumus diatas hanya saja ditambah dengan baris rumus lain. Tidak banyak baris yang perlu ditambahkan juga.

Kita semua tahu, di Excel terdapat fungsiĀ =CHAR(x) yang memiliki fungsi mengkonversikan kode ASCII padaĀ xĀ kedalam karakternya. Nah kita akan memanfaatkan fungsi CHAR ini dan dikolaborasikan dengan fungsi RANDBETWEEN untuk menciptakan karakter yang random.

Contoh Penggunaan Fungsi CHAR

Contoh Penggunaan Fungsi CHAR

Untuk membuat karakter random, kita cukup merandomkan kode ASCII pada parameter fungsi CHAR diatas. Bagaimana caranya? Tentu saja kita dapat memanfaatkan fungsi RANDBETWEEN. Cukup kita tambahkan rumus seperti berikut:

=CHAR(RANDBETWEEN(65;90)

Baris diatas jika dijalankan akan membuat karakter string random dari huruf A sampai dengan Z. PErtanyaanya, darimana huruf A sampai Z ini didapatkan? Apakah bisa diganti jadi karakter lain? Tentu saja bisa, cukup ubah saja parameter pada RANDBETWEEN menjadi angka lain. 65 adalah kode ASCII untuk huruf A (A kapital) dan 90 adalah huruf Z (Z kapital).

Contoh Implementasi FUngsi Random untuk Karakter

Contoh Implementasi FUngsi Random untuk Karakter

Lalu bagaimana bila ingin membuat random karakter lebih dari 1? Nantikan di sharing berikutnya.. hheeeeešŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s