krita

Krita, Image Editor Multiplatform yang Gratis dan Open Source

Bagi para desainer grafis tentu saja sudah sangat akrab dengan aplikasi pengolah grafis berbasis bitmap yang bernama Photoshop. Aplikasi besutan Adobe Inc ini sudah sangat jamak digunakan baik untuk keperluan belajar atapun komersial di berbagai studio-studio grafis. Namun tetap saja, di negeri ini masih di dominasi dengan penggunaan Photoshop dengan versi BAJAKAN. Apapun alasanya, sebenarnya penggunaan aplikasi bajakan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jelas-jelas hal ini adalah suatu kesalahan.

Penggunaan aplikasi Photoshop bajakan menjadi marak mungkin dikarenakan oleh harganya yang sangat mahal, yaitu sekitar 10 juta rupiah keatas tergantung dari versi yang digunakan (klikglodok.com). Sebagai alternatif kita dapat menggunakan aplikasi pengolah grafis yang gratis serta open source. Di internet aplikasi seperti ini banyak ditemukan, cukup melakukan pencarian pada search engine maka akan muncul hasil yang sangat banyak. Daripada mengeluarkan uang puluhan juta “hanya” untuk sebuah aplikasi, lebih baik merelakan beberapa ribu untuk membeli kuota internet untuk mendownload aplikasi yang gratis serta memiliki fitur yang sama.

Kali ini saya akan share sebuah aplikasi yang powerfull sekelas dengan Adobe Photoshop serta memiliki fitur yang hampir setara dengan Adobe Illustrator juga. Aplikasi ini bernama Krita, sebuah aplikasi free open source yang dikembangkan oleh Krita Foundation dari tahun 2012.

Krita ini sendiri memiliki segudang fitur yang tidak kalah hebat dengan aplikasi-aplikasi sejenis yang berbayar, fitur ini seperti:

Tampilan yang User-Friendly

Tampilan Antarmuka Krita. Sumber: https://krita.org

Tampilan Antarmuka Krita
Sumber: https://krita.org

Krita memiliki tampilan antarmuka yang sangat mudah untuk diakses. Tata letak menu dan ikon memiliki kemiripan dengan kebanyakan aplikasi pengolah gambar sehingga bagi pengguna baru pun dapat beradaptasi dengan mudah. Kita juga dapat mengatur tema yang digunakan untuk antarmuka Krita. Setidaknya terdapat 7 buah tema untuk antarmuka Krita.

Tema Krita

Tema Krita

Untuk menampilkan antarmukanya sendiri, Krita menggunakan KDE sehingga desainnya pun lebih sedap dipandang.

Brush Engine dan Mode Blending yang Lebih Banyak

Brush dan Mode Blending Krita.<br>Sumber: https://krita.org

Brush dan Mode Blending Krita.
Sumber: https://krita.org

Brush engine yang dimiliki oleh Krita buka sekedar brush yang memberikan pola tertentu, tetapi setiap brush memiliki logika dan pengaturanya masing-masing. Secara default, Krita telah memasukan beberapa brush engine berikut: pixel, smudge, duplicate, filter, hairy, hatching, texture, chalk, color smudge, curve, deform, dyna, experiment (Alchemy), grid, particle, sketch, dan spray brushes. Kemduain untuk blending modes di urutkan berdasarkan masing-masing kategorinya, dan kita dapat mengatur blending mode favorit sehingga blending mode tersebut akan tersimpan di paling atas dari daftar.

Filter dan Efek

FIlter dan Efek Krita.<br>Sumber: https://krita.org/

FIlter dan Efek Krita.
Sumber: https://krita.org/

Filter dapat digunakan langsung pada layer, atau masker filter atau lapisan. Pengaruh filter terlebih dulu pada gambar itu sendiri. Ada efek khusus seperti gelombang, cat minyak, dan emboss. Penyesuaian seperti tingkat, kecerahan/kontras, dan HSV juga disertakan. Alat tambahan yang dapat berguna untuk membuat pilihan seperti warna alpha dan mentransfer warna.

Tools Seleksi dan Masking yang Lebih Baik

a

Tools Seleksi Krita.<br>Sumber: https://krita.org/

Tools Seleksi Krita.
Sumber: https://krita.org/

Krita memiliki berbagai metode untuk seleksi bagian dari gambar yang sedang kita kerjakan. Dengan Krita, kita dapat melakukan seleksi dengan bentuk yang berbeda-beda seperti persegi, lingkaran, membuat seleksi sesuai dengan keinginan kita, memilih berdasarkan warna, dan lain sebagainya. Krita juga memiliki fungsi untuk menambah, menghapus, menggabungkan, ataupun menyisipkan seleksi. Kita juga dapat melakukan seleksi berdasarkan konten pada layer.

Symmetry Tools

Symmetri Tools.<br>Sumber: https://krita.org

Symmetri Tools.
Sumber: https://krita.org

Symmetry Tools ini memiliki kelebihan daripada mirroring standar. Mengambil kontrol penuh dengan mampu menentukan berapa banyak sumbu yang Anda butuhkan. Memodifikasi parameter pusat asal, sudut, dan smoothing. Mudah untuk beralih X dan Y cermin tombol di toolbar atas. Menggambar bantu seperti grid perspektif dan bentuk yang memiliki pengaturan magnetik.

Dan masih banyak fitur lainya dari Krita ini, untuk informasi yang lebih lengkap silakan kunjungi website resminya di: https://krita.org/.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s