header

Cara Mudah Mengambil Screenshoot Halaman Web

Bagi seorang developer web, aktivitas pengambilan screenshoot web nya mungkin sering dilakukan untuk keperluan dokumentasi teknis (doktek) ataupun manual book penggunaan web nya tersebut. Ada banyak tools untuk melakukan pengambilan screenshoot seperti Snipping Tools, Camtasia, ataupun tombol Print Screen + MS Paint pada Windows.

Tools-Tools seperti itu jamak digunakan karena kemudahan dan kepraktisan penggunaanya. Namun ketika kita akan mengambil screenshoot dari halaman web yang panjang, kita akan direpotkan dengan pengambilan screenshoot yang berulang-ulang dan proses penggabungan screenshoot setiap bagian halaman.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kali ini saya akan share mengenai sebuah tools yang dapat mengambil screenshoot halaman web secara menyeluruh. Artinya, sekali pencet seluruh halaman web akan terambil screenshootnya meskipun bagian itu tidak tampil di layar. Tools yang akan saya ulas kali ini bernama Webpage Screenshoot.

Webpage Screenshoot logo

Tools ini merupakan ekstensi pada browser Google Chrome. Kita bisa menginstall ekstensi ini pada Google Chrome secara gratis. Untuk menggunakannya pun tidak lah begitu rumit, cukup sekali klik maka halaman web pun terambil screenshootnya.

Setelah ekstensi ini terinstall pada Google Chrome Anda, di sebelah kanan kotak isian Address akan terdapat 1 tombol baru, yaitu tombol Webpage Screenshoot.

Tombol Webpage Screenshoot

Tombol Webpage Screenshoot Disebelah Kanan Address

Untuk mengambil screenshoot web, klik tombol itu kemudian akan muncul beberapa pilihan lainya:

Menu PilihanPilihan yang paling atas apabila untuk mengambil screenshoot bagian web yang terlihat di layar saja. Sedangkan pilihan ke-2 untuk mengambil screenshoot seluruh bagian halaman web. Untuk pilihan yang lainya bisa Anda coba😀

Setelah kita memilih salah satu pilihan, maka akan terbuka sebuah halaman yang bisa digunakan untuk melakukan penyuntingan terhadap screenshoot yang baru saja dibuat.

Hasil Capture Menggunakan Webpage Screenshoot

Hasil Capture Menggunakan Webpage Screenshoot

Kemudian akan muncul halaman seperti pada gambar diatas, klik tombol Save to Local untuk menyimpannya di komputer atau klik tombol Save to URL untuk menyimpanya pada media penyimpanan online yang telah disediakan oleh Webpage Screenshoot.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s