Mengatasi Pengaturan Brightness pada Windows 8

Pada sistem operasi (katakanlah) terbaru besutan Microsoft, Windows 8, terkadang kita senantiasa menemukan masalah pada driver device di laptop. Device yang bermasalah ini seperti pada VGA, sound, wireless, dan lain sebagainya.

Di artikel kali ini saya akan berbagi tentang permasalahan pada Windows 8 terkait pengaturan brightness layar yang tidak bisa diturunkan atau dinaikan lagi (selalu stack ditingkat 100%).

Bermula dari saya sendiri yang mencoba untuk meng-update driver graphic card di laptop saya yang menggunakan AMD. Singkat cerita update driver berhasil. Namun setelah laptop direstart permasalahan muncul, yaitu tingkat brightness layar tidak bisa di sesuaikan lagi, selalu berada di tingkat 100%. Tentu saja hal ini sangat mengganggu dan menyebalkan.

Setelah dicari kesana-kemari akhirnya ditemukanlah bahwa sumber permasalahn ini ada pada driver graphic card yang baru saja di update. Entah mengapa dengan driver yang terbaru itu malah menimbulkan masalah pada laptop saya.

Well, buat temen-temen yang pernah atau sedang menemui masalah seperti itu ada solusi yang bisa dicoba sebelum kita install ulang Windows di laptop. Bagaimanakah itu? Begini…

Cara 1

Cara pertama adalah kita bisa melakukan roll back driver graphic card nya sehingga driver yang baru akan di ganti dengan yang lama kembali. Untuk melakukan roll back driver ini sangat lah mudah, begini carana:

Langkah 1, buka Device Manager.

Mengatasi Pengaturan Brightness pada Windows 8

Langkah 2, cari display adapter lalu klik kanan pada driver display Anda kemudian pilih Properties.

Mengatasi Pengaturan Brightness pada Windows 8

Langkah 3, buka ke tab Driver kemudian klik tombol Roll Back Driver kemudian tunggulah hingga proses selesai.

Mengatasi Pengaturan Brightness pada Windows 8

Setelah driver berhasil di-rollback, insya allah kita bisa mengatur kembali brightness layar laptop kita.

Cara 2

Jika dengan rollback driver masih tidak berhasil, kita masih bisa menggunakan tools dari AMD yaitu AMD Cleanup Utility. Utility ini berfungsi untuk menghapus secara keseluruhan software AMD yang terinstall di laptop kita termasuk driver yang baru. Tools ini bisa diunduh di web resmi AMD, di http://www.amd.com atau langsung saja ke sini.

Tools ini tidak terlalu sulit penggunaanya, cukup unduh kemudian jalankan. Ketika driver sudah terhapus dari laptop, nanti secara otomatis display akan menginstall driver yang default dari Windows 8 dan akan dapat menjalankan kembali fungsi-fungsi yang hilang setelah update dilakukan.

Catatan: masalah ini muncul tergantung dari driver display yang anda gunakan. Di kasus ini display saya menggunakan AMD, untuk yang lain mungkin berbeda lagi caranya.

62 thoughts on “Mengatasi Pengaturan Brightness pada Windows 8

    1. Andri Priyanto Penulis Tulisan

      iya memang seperti itu gan, utiliti itu kn mmg fungsinya utk menguninstall driver AMD nya.. nah klu sudah hilang, kalau agan pakek windows 8 seharusnya setelah restart driver AMD yg memang kompatibel akan secara otomatis diinstal dr library drivernya windows (jadi menggunakan versi yg memang cocok, versi 8 atau 9 gt klu g salah)

      Balas
  1. jimbron

    display adaptersnya menunya gak kebaca AMD, tapi malah microsoft basic display adapters, itu gimana gan, belum paham yang ginian..

    Balas
    1. Andri Priyanto Penulis Tulisan

      itu berati vga agan belum terinstall drivernya jadi pake driver yg bawaan dr windows.. solusinya agan klik saja tombol “Update Driver” di kotak dialog Properties nya.. tp agan harus online internet yaa.. atau agan download saja driver yang terbari dari website nya AMD

      Balas
  2. Arifah Fatih

    gan, sedang kebingungan dengan problem seperti ini. saya awam masalah ginian, jadi saya ikuti petunjuk di sini. tp, sudah saya coba kok ga berhasil ya? punya saya intel (sudah donwload yang terbaru juga), windows 8.1, di display adapter ada intel dan microsoft basic. kira2, saya bisa ga pake yg AMD jg? ato ada solusi laen? mata sy uda pedih banget kena brightness 100. btw, ini laptop baru diinstal. mohon bantuannya..

    Balas
    1. Andri Priyanto Penulis Tulisan

      display adapter agan pakeknya intel, ya berati harus pake intel.. kalau pake driver yg AMD ya g akan cocok gan..

      kalau brightness agan stuck di 100% kemungkinan driver yg untuk intel itu tdk support dengan windows 8.1.. solusi nya cari driver yg mmg cocok dengan windows 8.1 atau agan ganti OS nya.. hhe

      Balas
  3. Risma Siti Humaidiyyah

    Saya pc nya malah mati lama banget. sampai akhirnya saya buka batrenya. lalu dinyalakan kembali. Apakah memang seperti itu prosesnya? tapi brightness nya udah benerlagi ko

    Balas
  4. Iman Ari Firmanto

    Alhamdulillah punya saya laptop asus x500dp akhirnya bisa juga ngatur layar kecerahannya,tadi saya putus asa.
    Terima kasih atas informasinya min,sangat membantu min

    Balas
  5. Nisa Aulia

    Mas saya udah coba cara diatas tp tetap tidak bisa, sudah coba cara dari website sebelah uninstall monitor di device manager tapi tetap tidak bisa diatur kecerahannya, mohon bantuannya mas barangkali ada solusi lain yang bisa saya coba terimakasih

    Balas
  6. dedifirandy

    gan untuk ane pakai cara pertama ndak berhasil karna di bagian 3 setelah klik propertis pilihannya cuman. display adpter terus hanya bisa di ok. kemudian yang bagian “klik tombol Roll Back Driver”….. ini kok ndak ada ya gan.. ane pakai AMD jugak gan

    Balas
    1. Andri Priyanto Penulis Tulisan

      kalao gitu coba yang cara kedua gan, instal ulang driver vga nya. agan download aja driver terbaru dari amd.com tar pilih driver yang sesuai dengan vga AMD yang agan pake..

      Balas
  7. anggas

    mas gmna cara kmbalikan ini… mau download gk tau yg mna harus di pilih dalam situs amd.com….iklan juga bnyk betul pas mau download

    Balas
  8. dian wahyu

    Terimakasih Buanget gan sangat membantu ini yang saya cari seminguuan ini dan baru ketemu di web agan ini, makasiih sangat bermanfaat, andai bisa kasih cendol ane kasih nih :*

    Balas
  9. Rizqo

    Iya gan punya ane jg gitu jadi neken fn+f5 bsa jalan cuma lyarnya ngga ikutan jdi kecerahanya tetep gitu, ngga bisa di atur. .

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s