Mengatur Halaman Pada Dokumen di LibreOffice Writter

Berjumpa lagi di postingan saya untuk ke sekian kalinya😀

Masih tentang per-LibreOffice-an, di tulisan kali ini saya akan berbagi tentang cara mengatur halaman. Mengatur halaman disini meliputi pengaturan ukuran kertas, ukuran margin/batas tepi kiri-kanan-atas-bawah, orientasi kertas, dlsb.

Untuk mengatur halaman, pada LibreOffice tidak jauh berbeda dengan aplikasi word processor yang lain. Fitur yang disediakan juga sama seperti halnya aplikasi word processor yang lain. Meskipun sudah diketahui oleh sebagian besar orang tentang cara ini namun tidak ada salahnya untuk berbagi, bukan begitu? bukan😀

Oke, markijut (mari kita lanjut).

Langkah pertama, buat sebuah halaman dokumen baru. Bisa dengan menekan kombinasi [CTRL] + [N] atau melalui menu File ~> New.

Langkah kedua, klik menu Format ~> Page.

Page Setup LibreOffice

Langkah ketiga, akan muncul kotak dialog Page.

Mengatur Halaman Pada Dokumen di LibreOffice Writter

di kotak dialog ini ada beberapa opsi untuk mengatur apa saja, seperti Page, Organizer, Background, dlsb. Karena kita akan melakukan pengaturan terhadap halaman dokumen, maka tentu saja klik di tab Page.

Disana ada beberapa bagian, bagian Paper Format berguna untuk mengatur jenis/ukuran kertas. Ukuran kertas yang disediakan oleh LibreOffice ada beberapa seperti Letter, A4, Legal, B4, B6, dan lain sebagainya. Kita bisa menentukan jenis kertas dengan memilih di bagian Paper Format ini. Apabila kita ingin mengatur sendiri ukuran kertas bisa dimasukan ukuran kertas secara manual di bagian Width dan Heigth.

Mengatur Halaman Pada Dokumen di LibreOffice Writter

Sedangkan untuk mengatur orientasi kertas, kita bisa tentukan di bagian Orientation.

Bagian Selanjutnya adalah Margin. Disini kita bisa memberikan pengaturan terhadap batas tepi kiri-kanan-atas-bawah kertas.

Mengatur Halaman Pada Dokumen di LibreOffice Writter

Dan apabila sudah selesai dengan pengaturanya, kita bisa klik tombol OK. Dan selesai lah sudah.

Dan itu dia cara untuk mengatur halaman dokumen baru di LibreOffice. Mudah bukan? Iya, memang mudah. Dan tidak kalah mudah juga untuk mulai menggunakan software legal untuk kehidupan sehari-hari :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s