Menjalankan Software Windows di Ubuntu

Untuk temen-temen yang masih baru dalam atau belajar dalam menggunakan ubuntu ataupun OS linux varian lainya, tentu saja masih belum bisa lepas dari program/software yang berbasis windows. Tapi apa daya, file executable yang berjalan di Windows tidak bisa berjalan begitu saja di Ubuntu. Kenapa? Ya karena OS nya saja sudah berbeda..😀

Tanpa ba-bi-bi lagi, langsung saja ke pembahasan.

Menjalankan Software Windows di Ubuntu

WINE adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine). (sumber: wikipedia).

Tunggu sebentar, itu bukan WINE yang ada di ubuntu. Itu mah WINE minuman…

Oke, kembali ke jalan yang benar. Apa itu WINE? WINE merupakan kependekan dari WINE is Not Emulator. Iyah, sesuai dengan namanya WINE ini bukanlah emulator seperti ePSXe ataupun Game Boy Advance. WINE merupakan sebuat tools di Ubuntu yang memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi yang berbasis Windows tanpa harus menginstall Windows terlebih dahulu. Aplikasi yang sudah didukung pun sudah banyak, hampir sebagian besar aplikasi populer Windows bisa di jalankan menggunakan WINE ini. Untuk melihat aplikasi yang sudah didukung oleh WINE ini bisa dilihat di website nya langsung: http://www.winehq.org/.

“Aku pengen WINE di Ubuntu Aku, gimana caranya?”

Ouke, wajar saja bila muncul pertanyaan semacam itu. Untuk menginstal WINE sangatlah mudah. “Mudah itu gimana gan??”. Iyah, tanpa berpanjang berlebar lagi, kita mulai saja melakukan instalasi WINE ini.

Langkah pertama, pastikan kamu mempunyai PC/Laptop yang berfungsi dengan baik😀

Langkah kedua, pastikan juga di PC/Laptop kamu sudah terinstall OS Ubuntu. (iyalaah)

Langkah ketiga, pastikan PC/Laptop kamu sudah menyala dan terkonek ke internet.

Langkah keempat, buka Ubuntu Software Centre kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “WINE”. Setelah muncul hasil pencarian, klik tombol Install pada “Wine Windows Program Loader”. Kemudian tunggulah hingga proses instalasi selesai.

Menjalankan Software Windows di Ubuntu

Setelah proses instalasi selesai, maka pada Main Menu (untuk Desktop manager GNOME akan ada panel main menu) akan muncul menu baru yang bernama “Wine” atau pada program list akan muncul ikon program baru yang bernama WINE dan kawan-kawanya. Tools-Tools tersebut berfungsi untuk melakukan konfigurasi terhadap WINE.

Menjalankan Software Windows di Ubuntu

“Terus mau jalanin aplikasi Windows nya gimana??”

Haha, lagi-lagi muncul pertanyaan. Untuk menjalankan program Windows pada ubuntu, tinggal klik dua kali saja file EXE dari aplikasi Windows tersebut.

Menjalankan Software Windows di Ubuntu

Microsoft Word di Ubuntu

5

JetAudio Juga di Ubuntu

12 thoughts on “Menjalankan Software Windows di Ubuntu

    1. Andri Priyanto Penulis Tulisan

      iya gan, slam kenal jg..
      Memang kalo utk menginstal software tertentu, hrs nginstal program pndukung yg lain dl di wine nya.. Misal utk ms ofice 2010 hrs nginstalin .net faremwork dl sm program pndukung lainya..🙂

      Balas
    1. Andri Priyanto Penulis Tulisan

      ane g make MS word di ubuntu koq gan.. ane hanya share aja kalo di ubuntu kita juga bisa jalanin aplikasi yg biasanya dijalanin di windows.. itu kan kecanggihan ubuntu (linux) yang (mungkin) belum ada di OS lain gan..😀

      btw thanks atas kunjunganya.. hehe

      Balas
  1. mikidar

    Siang, trims tutorialnya, saya pengguna baru linux, khususnya Ubuntu, hehehe… maklum kerjaan baru jd harus belajar linux. shraing2 ilmunya yah…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s