Membuat Daftar Isi Menggunakan Microsoft Word

Biasanya dalam pembuatan makalah ataupun karya ilmiah lainya, sering kali kita menyimpan daftar isi, cover, dan isi secara terpisah agar pengaturan halaman tidak terlalu ribet. Di artikel ini akan saya jelaskan bagaimana cara menyatukan file-file tersebut kedalam satu file sekailgus mengatur format penomoran halaman dan juga pembuatan daftar isi secara otomatis.

Langkah pertama, jika file makalah masih dalam keadaan terpisah antara cover, daftar isi, dan isi makalahnya, maka satukan dahulu semua isinya menjadi satu file.

Langkah kedua, berikan nomor halaman pada makalah tersebut dengan cara klik tab ribbon Insert -> Group Header & Footer -> Bottom of page -> Plain Number 3. Setelah langkah tersebut dikerjakan, maka seluruh halaman akan diberi nomor halaman pada bagian kiri bawah termasuk pada halaman cover.

Langkah ketiga, letakkan kursor pada halaman 1.

Kemudian klik [Page Layout] -> [Breaks] -> [Next Page]

Setelah itu, klik dua kali pada footer halaman kedua lalu klik tombol Link to Previous untuk mematikan fungsi tersebut.

Selanjutnya adalah hapus secara manual nomor halaman pada halaman cover. Kemudian klik tombol Close Header & Footer pada ribbon Header & Footer Tools.

Langkah keempat, pada langkah ini, kita akan membuat format nomor halaman untuk KATA PENGANTAR dan DAFTAR isi dimana formatnya adalah berbentuk angka romawi (i, ii, iii, dst..). Letakkan kursor pada halaman KATA PENGANTAR, klik [Insert] -> [Page Number] -> [Format Page Number].

Kemudian pada kotak dialog Page Number Format, pilih tipe nomor pada bagian number format, jika sudah klik OK.

Setelah itu seluruh halaman akan memiliki format nomor yang sama, yaitu menggunakan angka romawi. Nah untuk merubah format penomoran untuk halaman BAB I, BAB II, dan seterusnya yang menggunakan nomor angka arab (1, 2, 3, dst..) yang dilakukan pertama membuat lagi Section Break. Caranya masih sama dengan langkah ketiga, hanya saja kursor ditaruh di paling atas pada halaman BAB I. Dan untuk merubah format nomornya juga sama seperti langkah keempat.

Langkah kelima, setelah kita menuliskan nomor halaman untuk setiap halaman yang ada, berikutnya adalah membuat daftar isi otomatis, sehingga memungkinkan kita dapat mengupdate secara langsung jika terdapat perubah pada bagian ISI. Misalnya saja penambahan jumlah halaman, perbuhana urutan halaman, dan lain sebagainya.

Blok judul lalu klik ribbon [Home] -> [Group Style] -> klik tanda panah dibawah nya -> [Save Selection as a New Quick Style]. Kemudian beri nama dengan nama bebas, misal “judul”

Masih dalam keadaan teks di blok, masuk ke Ribbon [Refference] -> [Add Text] -> [Level 1].

Lakukan hal tersebut untuk seluruh judul. Dan untuk sub judul atur sebagai level 2. Serta sesuaikan untuk level-level yang lain apabila memang lebih dari 3 level.

Langkah keenam, kosongkan isi dari halaman DAFTAR ISI kecuali judulnya.

Kemudian klik ribbon [Refferences] -> [Table of Contents] -> [Insert Table of Contents]

Atur pada bagian Show Level, seberapa banyak level yang digunakan. Lalu klik OK.

8 thoughts on “Membuat Daftar Isi Menggunakan Microsoft Word

  1. Ping balik: Membuat Daftar Gambar Menggunakan Microsoft Word « Blognya Andri Priyanto

  2. Ping balik: Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Microsoft Word « Blognya Andri Priyanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s