USB Write Protect

USB Write ProtectJika kita khawatir bila data-data dalam flashdisk tertular virus atau terhapus dengan tidak sengaja, maka kita bisa menggunakan sebuah tool kecil yang bernama USB Write Protect. Tool ini berfungsi untuk membuat status flashdisk menjadi Write Protect (seperti pada disket 3,5 inch jika switch protect diaktifkan), sehingga data didalamnya pun aman dari tangan-tangan jahil yang bisa saja menghapus atau mengubahnya.

Selain itu fungsi lainya adalah, karena flashdisknya menjadi Write Protect tentu saja kita tidak bisa sembarangan memasukkan file kedalamnya sehingga otomatis jika kita colokan flashdisk ke komputer/laptop yang terinfeksi virus, virus tersebut tidak akan bisa menginfeksi flashdisk kita sehingga komputer kita pun akan aman dari tertularnya virus.

USB Write Protect

Penggunaan tool ini juga sangatlah mudah, pertama colokan flashdisk ke port USB di PC/laptop kemudian jalankan USBWriteProtect.exe. Kemudian klik Enable Write Protect, lalu klik tombol Apply. Untuk melihat efeknya, cabut flashdisk dan colokan kembali ke port USB di PC/laptop.

USB Write Protect

Setelah Write Protect nya enabled, maka jika kita akan memasukan file ke flashdisk akan muncul peringatan seperti ini:

USB Write Protect

Jika ingin menghilangkan proteksi Write Protect-nya, jalankan lagi USBWriteProtect.exe dan pilih Disable Write Protect kemudian klik tombol Apply. Untuk kemudahan akses, kopi kan file USBWriteProtect.exe ke dalam flashdisk sehingga untuk meng-enable atau men-disable-kannya tidak repot.

Download USB Write Protect di sini atau di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s