Safe Mode

Bagi sebagian besar pengguna komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Safe Mode. Fitur ini disediakan di sistem operasi Windows untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk memeriksa atau memperbaiki kerusakan pada sistem Windows, menghapus virus, ataupun untuk memeriksa kerusakan driver.

Safe mode merupakan opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya untuk menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang akan di-load, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan dan beberapa tidak bisa berjalan. Kemudian ketika sudah masuk safe mode, maka akan tampak tulisan “Safe Mode” di pojok kiri, kanan, bawah, dan atas windows.

Safe Mode

Untuk masuk ke Safe Mode, cara yang dapat digunakan disemua sistem windows (termasuk windows Vista/Seven) adalah dengan menekan tombol F8 ketika windows sedang booting (atau ketika komputer mulai menyala dan tampil informasi Memory/hardware). Setelah itu akan tampil beberapa menu pilihan booting komputer, seperti berikut:

Safe Mode

Selain menu untuk memilih Safe mode, ada berbagai menu lainnya yang bisa dipilih. Berikut beberapa penjelasan menu-menu tersebut:

  • Safe Mode, opsi ini berarti windows akan berjalan hanya menggunakan minimal file dan driver termasuk juga software-softwarenya.
  • Safe Mode with Networking, opsi ini seperti safe mode ditambah dengan driver sehingga kita bisa memanfaatkan Jaringan (Networking)
  • Safe Mode with Command Prompt, sama seperti safe mode hanya saja program Command Prompt/MS-DOS Prompt (cmd.exe) akan langsung aktif (bukannya explorer)
  • Enable Boot Logging, windows akan membuat file Ntbtlog.txt, ketika start up dan informasi start up tersebut akan disimpan di file tersebut. File ini biasanya disimpan di sistem root, misalnya drive C:
  • Enable VGA Mode. Windows akan berjalan dengan tampilan mode minimal misalnya 640×480 atau 800×600. Biasanya digunakan untuk memeriksa kerusakan atau error pada driver VGA (tampilan grafik windows).
  • Last Known Good Configuration, menjalankan windows menggunakan informasi registry yang telah disimpan ketika terakhir shutdown. Gunakan jika kita salah mengubah konfigurasi sistem, atau ketika windows gagal masuk ke tampilan utama.

Beberapa manfaat Safe Mode

  • Uninstall software yang sebelumnya menyebabkan komputer hang, error dan sebagainya. Kadang setelah di install program tertentu windows bermasalah, maka jika tidak bisa di uninstall melalui mode biasa gunakan Safe Mode.
  • Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafik windows (VGA). Ketika tampilan windows bermasalah, bisa di cek dengan memilih “Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak melihat masalah, kemungkinan masalah di driver VGA.
  • Menghapus file/virus yang tidak bisa melalui mode biasa. Sebagian antivirus masih bisa dijalankan di safe mode, dan bisa dicoba scan melalui safe mode. Kadang virus tidak berjalan di safe mode, meski banyak juga yg bisa berjalan/atif meski di Safe Mode.
  • Menonaktifkan aplikasi atau program tertentu. Untuk memudahkan setelah masuk ke Safe Mode, bisa menggunakan aplikasi Autoruns yang bisa diperoleh gratis dari SysInternals. Teknik ini juga bisa dimanfaatkan untuk memeriksa loading komputer yang lambat. Jika tidak ada Autoruns, bisa mengetikkan MSCONFIG di menu Run, untuk menjalankan Sistem Configuration Utility, jika sudah tampil dipilih melalui tab Startup.
  • Menjalankan berbagai fitur dari Control Panel, Administrative tools dan sebagainya.
  • Menjalankan System Restore jika sebelumnya diaktifkan, sehingga kondisi sistem bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.
  • Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupun untuk mengedit sebagian isinya.
  • Untuk me-repair Windows apabila file sistem-nya ada yang corrupt atau hilang akibat virus ataupun hal lainya.

Safe Mode merupakan fitur standard Windows dan terkadang cukup bermanfaat untuk beberapa masalah seperti diatas, walaupun terkadang seperi virus juga bisa aktif didalam mode ini, sehingga menggunakan safe mode saja tidak cukup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s