Faronics Data Igloo

Faronics Data IglooBagi beberapa orang mungkin sudah tidak asing dengan Deep Freeze, program yang berfungsi untuk mem-freeze drive sehingga setiap kali komputer di reboot, perubahan yang terjadi di drive yang di-freeze tersebut tidak akan tersimpan (kondisinya kembali seperti semula saat drive tersebut di-freeze). Tapi di artikel ini saya tidak akan membahas tentang Deep Freeze, tetapi yang akan dibahas adalah software tambahan yaitu Faronics Data Igloo.

Software ini merupakan software tambahan untuk Deep Freeze. Software ini berfungsi untuk me-redirect file di folder drive yang di freeze ke drive lain yang tidak di freeze sehingga perubahan file/data di folder drive yang di freeze akan tetap ada. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan software ini:

Faronics Data Igloo

Langkah Pertama, pastikan di PC/laptop Anda sudah ter-install Deep Freeze minimal versi 6.3 dan juga Microsoft dotNet Framework 2.0 SP1.

Langkah kedua, download Data Igloo di sini atau di sini.

Langkah ketiga, jika sudah didownload, jalankan installernya. Proses Instalasi berlangsung tidak terlalu lama.
Faronics Data Igloo

Faronics Data Igloo

Faronics Data Igloo

Faronics Data Igloo

Faronics Data Igloo

Faronics Data Igloo

Faronics Data Igloo

Langkah keempat, jalankan Faronics Data Igloo, [Start] -> [All Programs] -> [Faronics] -> [Data Igloo]

Jika program sudah berjalan, akan muncul tampilan utama Faronics Data Igloo, disana ada tiga tab yaitu User Profile Redirection, Folder Redirection, dan Registry key redirection.

  • User Profile Redirection
    Fitur ini berfungsi untuk me-redirect profil user yang ada didalam daftar ke partisi/drive NTFS di komputer. Fungsi fitur ini adalah jika terdapat perubahan data seperti Internet Explorer, My Document, atau informasi desktop akan tetap ada meski komputer di reboot. Perlu diperhatikan, file system partisi haruslah menggunakan NTFS, dan jika terjadi error saat proses redirect maka Data Igloo akan mengembalikan pengaturan seperti semula tanpa mengubah pengaturan apapun.
    Faronics Data Igloo

  • Folder Redirection
    Fitur ini berfungsi untuk memindahkan folder ke drive/partisi lain, atau bisa dikatakan folder yang berada di drive yang difreeze akan selalu berada dalam kondisi unfreeze jadi file ataupun perubahan yang terjadi di folder tersebut akan selalu tersimpan meski komputer di reboot. Contoh kasus, jika kita menyimpan file di My Document (saat Deep Freeze aktif) maka setelah komputer di reboot file tersebut akan hilang. Agar setiap kita membuat file di My Document tidak hilang, berikut caranya:

    Langkah Pertama, Pastikan Deep Freeze dalam kondisi Thawed

    Langkah kedua, jalankan Data Igloo dan masuk ke tab Folder Redirection dan klik tombol Redirect Folder
    Faronics Data Igloo

    Langkah ketiga, klik tombol Browse pada bagian Source untuk memilih folder mana yang akan di redirect (folder yang di drive yang di Frezze), dan juga klik tombol Browse di bagian Target untuk memilih lokasi redirect di drive yang tidak di freeze kemudian klik Redirect Folder.
    Faronics Data Igloo

    Tunggulah hingga prosesnya selesai.
    Faronics Data Igloo

    Perlu diperhatikan, kedua file system drive/patisi haruslah NTFS.

  • Registry Key Redirection
    Fungsi dari fitur ini adalah untuk men-direct perubahan pada registry ke drive yang tidak difreeze dan mengembalikanya ke registry saat komputer di reboot. Intinya dengan fitur ini maka setiap perubahan pada registry akan tetap tersimpan meski komputer di reboot. Untuk membuat redirect registry key berikut caranya:

    Langkah pertama, pastikan Deep Freeze dalam kondisi Thawed

    Langkah kedua, jalankan Data Igloo dan masuk ke tab Registry Key Redirection kemudian ceklis Redirect registy changes to:

    Langkah ketiga, klik tombol Browse dan pilih drive yang digunakan untuk me-redirect pengaturan registry.
    Faronics Data Igloo

    Langkah keempat, klik tombol Select Key from Registry untuk memilih registry mana saja yang akan di-redirect lalu klik tombol Redirect.
    Faronics Data Igloo

    Kemudian restart komputer.

5 thoughts on “Faronics Data Igloo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s