Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop

File HTML Help (.chm) bisa kita manfaatkan untuk membuat e-book, karena format ini lebih praktis dibandingkan dengan pdf. Dengan format ini kita bisa mendesain e-book agar lebih menarik menggunakan HTML ataupun javascript. Selain itu format chm bisa dibuka di semua sistem operasi tanpa harus menginstall software tambahan.

Untuk membuat e-book berformat chm ini, pertama-tama adalah buat dahulu artikel yang akan dikompilasi menjadi e-book dalam format HTML biasa (bisa memakai program WYSIWYG seperti FrontPage, Dreamweaver, ataupun notepad). Simpanlah seluruh file-file tersebut (termasuk gambar, dan lain sebagainya) ke dalam SATU direktori.

Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop

Kemudian buatlah file index.html (bisa memakai nama lain) yang digunakan untuk daftar isi. Di dalam file ini berisi link-link ke artikel-artikel yang akan dikompilasi. Untuk kemudahan navigasi, sertakan juga link untuk kembali ke daftar isi di setiap file artikel-artikel yang akan dikompilasi tadi. Jika sudah kita bisa membukanya dulu menggunakan browser untuk memeriksa apakah ada broken link atau tidak.

Jika semua sudah siap, jalankan HTML Help Workshop dengan cara [Start] -> All Programs -> HTML Help Workshop -> HTML Help Workshop.

Jika jendela HTML Help Workshop telah terbuka, klik menu File -> New, kemudian pada kotak dialog New pilih Project dan klik OK.

Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop

Pada kotak dialog berikutnya klik saja Next >

Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop

Kemudian muncul kotak dialog New Project — Destination. Pada kotak dialog tentukan akan disimpan dimana project chm akan kita simpan. Untuk mempermudah klik tombol Browse, lalu tentukan akan disimpan dimana project kita. Kemudian klik Next >

Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop

Pada kotak dialog New Project — Existing Files cek pilihan HTML Files (.htm), lalu klik Next.

Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop

Kemudian pada kotak dialog New Project — HTML Files, klik tombol Add… dan pilih file index.html (file yang berisi daftar isi dari e-book yang akan dibuat), kemudian klik Next.

Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop

Pada kotak dialog selanjutnya klik Finish.

Selanjutnya dalah meng-compilenya ke bentuk chm, klik tombol Save all file and compile (Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop) yang ada di Toolbar, dan tunggu hingga proses selesai.

Download HTML Help Workshop di sini.

2 thoughts on “Membuat HTML Help E-Book (chm) Menggunakan HTML Help Workshop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s