Membuat Efek Foto Kolase dengan Photoshop

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana memberikan efek yang bagus pada foto. Jika kita pernah menginstall Picasa, maka kita pasti pernah menemui screensaver yang berupa slide gambar-gambar yang ada di harddisk. Slide tersebut ditampilkan dalam beberpa mode, salah satunya adalah kolase.

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat efek kolase pada sebuah foto, efek ini akan membuat foto terlihat seperti bertumpuk-tumpuk. Langsung saja pada pembahasan.

Langkah Pertama, jalankan Adobe Photoshop, [Start] -> [All Programs] -> [Adobe Photoshop]

Langkah kedua, buka gambar yang akan diberi efek kolase [Ctrl + O]

Membuat Efek Foto Kolase

Langkah ketiga, duplikat layer Background (layer fotonya) dengan menekan tombol [CTRL + J] atau drag layer background ke tombol Create New Layer () setelah itu agar lebih memudahkan, beri nama foto pada layer hasil duplikasi tersebut.

Langkah Keempat, buat layer baru dan beri warna hitam dengan menggunakan Paint Bucket Tool () dan tempatkan layer ini diantar layer backgriund dengan layer hasil duplikasi pada langkah ketiga diatas.

Membuat Efek Foto Kolase

Langkah kelima, buat grup layer dengan menggunakan Create New Group (). Hal ini bertujuan untuk memudahkan saja, karena nanti kita akan berkerja menggunakan banyak layer.

Langkah keenam, drag layer foto kedalam Group 1.

Membuat Efek Foto Kolase

Langkah ketujuh, buat dua buah layer baru pada Group 1 dan tempatkan keduanya tepat dibawah layer foto

Membuat Efek Foto Kolase

Langkah kedelapan, beri Clipping Mask caranya, arahkan kursor persis diantara layer foto dengan layer 3 dan sambil menekan tombol [ALT] klik tepat disitu. Jika disamping layer foto terdapat tanda panah ke bawah, berarti Anda sudah berasil membuat Clipping Mask.

Membua Efek Foto Kolase

Langkah kesembilan, pada dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool buatlah bentuk kotak pada layer 2 dan beri warna putih. Kemudian pada layer 3 buat juga kotak seperti sebelumnya namun dengan ukuran lebih kecil dari kotak pertama tadi dan beri warna hitam. Kira-kira seperti ini hasilnya:

Membuat Efek Foto Kolase

Langkah kesepuluh, klik kanan pada layer 2 dan pilih Blending Option lalu atur setingan seperti berikut (atau disesuaikan) kemudian klik OK.

Membuat Efek Foto Kolase

Langkah kesebelas, duplikat Group 1 dengan cara klik kanan Group 1 dan pilih Duplicate Group. Kemudian beri nama Group 2 (atau yang lain) pada kotak dialog Duplicate Group dan klik OK.

MEmbuat Efek Foto Kolase

Langkah keduabelas, pada Group 2, sambil menekan tombol [SHIFT] klik layer 2 copy dan layer 3 copy sehingga kedua leyer tersebut dalam keadaan terpilih.

Membuat Efek Foto Kolase

Langkah ketigabelas, dengan menggunakan Move Tools () geser-geser kotak tadi ke manapun yang Anda suka. Kotak tadi juga bisa diputar atau diresize. Atur-atur peletakanya terserah Anda hingga didapat hasil yang bagus.

Membuat Efek Foto Kolase

Langkah keempatbelas, ulangi langkah 11-13 diatas hingga didapat hasil yang menurut Anda bagus.

Membuat Efek Foto Kolase

Membuat Efek Foto Koalse

Selanjutnya, kita bisa mengganti warna background agar terlihat lebih hidup, atau memberikan objek lain sesuai selera.

Membuat Efek Foto Kolase

Download file psd.

About these ads

19 thoughts on “Membuat Efek Foto Kolase dengan Photoshop

    1. Andri Priyanto Penulis Tulisan

      beri warna hitam dengan menggunakan Paint Bucket Tool… ubah warna foreground menjadi warna hitam, trus kan kursor jadi bentuk ember gitu.. naaahh tinggal klik deh di area layer 1

      atau gini.. dalam keadaan layer 1 (yg mau di itemin) terpilih, klik menu Edit > Fill.. trus di bagian contents, pilih opsi Use pilih Color, trus pilih warna item deh.. lalu klik ok..

      semoga berhasil.. :)

      thx udah berkunjung gan.. :)

      Balas
    1. Andri Priyanto Penulis Tulisan

      ada di langkah ke-4 gan.. jadi yg layer 1 itu dikasih warna aja pake paint bucket tool.. atau agan bisa download saja file psd yg ada di contoh.. link downloadnya ada di akhir tutorial.. :)

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s